Untuk mencapai visi dan misi Kementerian Kominfo berperan sebagai regulator, fasilitator, eskalator di bidang digital di Indonesia. Dalam rangka menjalankan salah satu mandat tersebut terkait pengembangan SDM digital kementrian Kominfo bersama gerakan nasional literasi digital, serta jejaring hadir untuk memberikan perhatian informasi digital yang menjadi kemampuan digital ditingkat dasar bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
Semuel mwnyampaikan agar ada kolaborasi yang baik masyarakat dengan pemerintah agar masyarakat tidak tertinggal dalam proses percepatan transformasi digital.
Muhammad Kholid, S.E, M.Si (Direktur Kajian Strategis RETaS Institute), menyampaikan bahwa kita telah berada pada era revolusi industry 4.0. Bisnis online di era digital memiliki prospek yang sangat bagus, hal tersebut ditandai oleh sebanyak 204,7 Juta jiwa telah terhubung dengan internet atau sebanyak 73,7% dari total populasi masyarakat Indonesia, bahkan sebanyak 191,4 Juta jiwa masyarakat Indonesia telah aktif menggunakan media sosial atau 68,9% masyarakat Indonesia telah menggunakan media sosial. Berdasarkan data bahwa Indonesia didominasi oleh generasi Z dan generasi Milenial.
Discussion about this post