“Dan di bulan Agustus baru 29,7% orang yang tahu tentang PTSL dan sesuai laporan naik menjadi 36,9% di bulan September. Ini tidak lepas dari upaya kami terus menerus, antara pemerintah dengan Kementerian ATR/BPN terus mendorong dan menyosialisasikan program sertipikat melalui PTSL,” ujarnya.
“Terkait data masyarakat yang mengikuti program PTSL, meskipun angkanya masih 17,3%, namun tingkat kepuasan masyarakat terlihat sangat puas mencapai angka 86,4%. Dan kecilnya data peserta PTSL bisa jadi karena memang sebaran responden dilakukan secara _random sampling_, sementara persoalan sertipikasi memang tidak merata secara demografi dan geografi,” tambah Hadi Tjahjanto.
Kemudian, soal Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) dan Hotline Pengaduan, ia mengakui bahwa orang yang aware dengan program tersebut masih di bawah 10%. Tetapi di sisi lain, data menunjukan bahwa di atas 60% masyarakat merasakan manfaat dan puas dengan program ini. Dengan kepuasan yang dirasakan masyarakat, maka kedua layanan tersebut akan terus dilakukan perbaikan-perbaikan agar masyarakat semua paham dengan kedua program tersebut.
Discussion about this post