Mendag berharap, melalui partisipasi ini, industri gim Indonesia dapat semakin ‘go international’ dan aktif dalam rantai pasok global industri digital dan kreatif.
“Kementerian Perdagangan akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait serta membantu pelaku usaha secara berkesinambungan dalam mempromosikan sektor gim kedepannya,” harapnya.
Lanjutnya, saya yakin dengan kapasitas talenta yang terus berkembang dan dukungan dari semua pemangku kepentingan, gim Indonesia akan menjadi generator baru ekonomi nasional karena multiplier effect yang dihasilkan kepada industri gim itu sendiri, sektor pariwisata, perdagangan dan sektor-sektor yang lain.
Kemendag mengutif data riset New Zoo pada 2020, nilai ekonomi gim di Indonesia mencapai USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 24,2 triliun. Namun, pengembang gim lokal hanya menyerap sebesar 0,5 persen atau senilai USD 8 juta atau Rp 114 miliar. Di sisi lain, industri gim Indonesia berhasil menyumbang 2,19 persen atau Rp 24,88 triliun dari total produk domestic bruto (PDB).
Discussion about this post