Terkait dengan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi digital, terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Sekjen Kementerian Kominfo menyatakan ada peningkatan pemanfaatan platform digital untuk kegiatan ekonomi.
Menurut Mira Tayyiba, sebelum pandemi, diperkirakan hanya sekitar 8 juta UMKM yang memanfaatkan platform digital. Namun, selama pandemi, melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia jumlah yang onboarding juga bertambah hampir 8 juta.
Kementerian Kominfo juga mencatat adanya penambahan startup digital unicorn selama pandemi. “Jadi dari sini kita bisa melihat bahwa orang Indonesia ternyata bisa adaptif terhadap kondisi, bisa menggunakan teknologi digital, dan bisa memanfaatkan kesempatan,” ujar Sekjen Kementerian Kominfo.
Sekjen Mira Tayyiba mengakui masih terdapat kelompok masyarakat yang belum memiliki kesempatan dalam menggunakan layanan digital. Apakah karena jumlah atau akses terhadap infrastruktur yang terbatas. Menurutnya, bisa juga disebabkan layanan yang dirasa terlalu mahal atau tidak memiliki keterampilan literasi untuk menggunakan teknologi digital sehingga tidak ada nilai tambah yang dihasilkan.
Discussion about this post