Kharis berpendapat bahwa pandemi sudah membuktikan bahwa UMKM sudah memanfaatkan perkembangan teknologi digital dengan baik.
Selanjutnya Bapak Dr. Suparjito sebagai Pokja UMKM Kemenkeu Satu Jateng dalam paparannya menjelaskan 6 poin penting dalam strategi pemberdayaan UMKM.
Pertama, perluasan akses pasar produk dan jasa dengan digitalisasi UMKM, promosi dan eksebisi, local brand go global, dan market intelligence.
Kedua, meningkatkan daya saing produk dan jasa dengan mengitegrasikan UMKM ke dalam global value chain.
jelasnya, kemudian akselerasi pembiayaan dan investasi, pengembangan kapasitas manajemen SDM, kemudahan dan kesempatan berusaha, dan yang terakhir adalah koordinasi lintas sector.
Menurut Suparjita, arah kebijakan pemerintah dalam upaya pemberdayaan koperasi dan UMKM dimulai dengan pengembangan koperasi yang dilakukan dengan pendekatan komunitas, kelompok, atau klister berdasarkan sentra produksi komoditas.
Discussion about this post