Meskipun pada dasarnya seharusnya penilaian didasarkan pada pemahaman mahasiswa terhadap materi, pada kenyataannya, terkadang penilaian tidak bersifat sepenuhnya objektif. Faktor subjektivitas bisa muncul, terutama jika dosen tidak akrab dengan seluruh mahasiswanya. Dalam situasi seperti ini, ada kecenderungan bagi dosen untuk lebih memperhatikan mahasiswa yang dikenalinya secara personal, hal tersebut dapat membuat mahasiswa lain tidak mendapatkan perhatian yang sebanding. Hal ini menciptakan ketidaksetaraan peluang dalam kegiatan belajar mengajar. Mahasiswa yang dikenali oleh dosen mungkin mendapatkan perhatian lebih, sedangkan yang lain mungkin kehilangan kesempatan untuk berkontribusi atau mendapatkan dukungan yang sama. Inilah realitas yang memunculkan potensi ketidaksetaraan dalam proses pembelajaran, yang seharusnya memberikan peluang yang setara untuk semua mahasiswa.
Taman Literasi Mandala: Seminar Nasional dan Lomba Literasi Tingkat SD/MI se Kecamatan Wera Kabupaten Bima
BIMA, RESENSINEWS.ID - Taman Literasi Mandala selenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Menggerakkan Desa Lewat Literasi Sebagai Upaya Meningkatkan Ketersediaan Bahan...
Discussion about this post