Pertama terkait potensi ekonomi digital melalui transaksi E-Commerce, kedua adalah perkembangan teknologi informasi yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat, ketiga perubahan kecenderungan masyarakat bertransaksi melalui internet.
“Dari ketiga faktor tersebut, transformasi digital merupakan opsi yang harus dipertimbangkan untuk meningkatkan pendapatan pelaku UMKM. Bermacam perusahaan E-Commerce baik dari dalam maupun luar negeri mulai tumbuh dan meramaikan persaingan di pasar Indonesia,” jelas Basarah.
“Pengetahuan dalam hal digitalisasi harus segera ditransformasikan kepada pelaku usaha UMKM. Dari sisi pelaku usaha UMKM, juga harus segera merespon dan beradaptasi dengan teknologi yang ada hari ini,” sambungnya.
Sehingga potensi teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini terus berkembang dapat dimanfaatkan dan ditangkap secara baik oleh pelaku usaha. Dengan harapan optimalisasi perkembangan teknologi informasi ini dapat menggerakan kembali ekonomi nasional terkhusus di sektor pariwisata.
Discussion about this post